Puasa Ayyamul Bidh, masih asing kah di telinga kita?

Ditulis pada Kamis, 23 Februari 2017 | Kategori: Tahukah-Anda | Dilihat 2558 kali

Puasa Ayyamul Bidh,

masih asing kah di telinga kita?

Kawan, puasa Ayyamul Bidh atau yang sering dikenal dengan Puasa tengah bulan adalah puasa sunnah di hari purnama. Bisa juga berarti hari-hari putih/cemerlang/purnama. Nah, biasanya puasa ini dilakukan pada tanggal 13, 14 dan 15 dari penanggalan Hijriyah. 

Menurut sebuah penelitian, tengah bulan qomariyah biasanya diterangi oleh sinar bulan yang bulat penuh, dimana terdapat pula puncak pasang surut air laut. Arnold Lieber, 190-an mengemukakan bahwa pada tanggal-tanggal ini, manusia cenderung berbuat lebih banyak keburukan dibandingkan kebaikan. Rasulullah SAW juga menganjurkan umatnya untuk berpuasa di hari tersebut sebagai bentuk penyeimbang dan penetralisir magnitut potensi manusia untuk berbuat keburukan. 

Puasa Ayyamul Bidh ini tata caranya sama saja kok dengan puasa-puasa pada umumnya. Tentunya dengan melakukan niat puasa sunah baik sebelum terbit fajar maupun sesudah fajar menyingsing.

*Dari Abdullah bin ‘Amr, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallambersabda: “Puasalah tiga hari dari setiap bulan. Sesungguhnya amal kebajikan itu ganjarannya sepuluh kali lipat, seolah ia seperti berpuasa sepanjang masa.”*

*(HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud, dan an Nasai)* *Abu Hurairah ra. Berkata, “Teman dekatku (Nabi Muhammad saw.) berpesan tiga hal kepadaku: berpuasa tiga hari setiap bulan, dua rakaat dhuha, dan shalat witir sebelum tidur.”* *(Muttafaq ‘alaih)* *Ibnu Abbas ra. berkata, “Rasulullah saw. tidak pernah berbuka (tidak berpuasa) pada Ayyamul-Bidh, baik di rumah maupun sedang bepergian.”* *(h.r. Nasa’i. Sanad hadits ini hasan)*

*Beberapa hadist di atas menunjukan betapa mulianya puasa Ayyamul Bidh bagi umat islam, karena memiliki keistimewaan berupa sepuluh kali lipat ganjaran yang diberikan oleh Allah SWT dan tentunya akan meningkatkan kesehatan tubuh kita.*

*Jadi, buat kawan-kawan yang baru mengetahui megenai puasa sunah ayyamul Bidh, yuk segera catat tanggal-tanggal tengah bulan hijriyah di atas untuk mempersiapkan puasa Ayyamul Bidh. Bismillah semoga berkah! 

 

Barang siapa yang menghendaki kehidupan dunia maka wajib baginya memiliki ilmu, dan barang siapa yang menghendaki kehidupan Akherat, maka wajib baginya memiliki ilmu, dan barang siapa menghendaki keduanya maka wajib baginya memiliki ilmu“. (HR. At-Tirmidzi)