apa saja kebaikan Qailulah?

Ditulis pada Kamis, 09 Maret 2017 | Kategori: Tahukah-Anda | Dilihat 952 kali

Qailulah, atau yang baisa dikenal dengan tidur siang sebenarnya merupakan kebiasaan yang dilakukan oleh Rasulullah SAW loh sobat. Nah, bagi yang tidak terbiasa tidur, Qailulah juga bisa dimaksudkan dengan istirahat siang. 
Lalu, kapan kita bisa melakukan Qailulah setiap harinya?

  •  Syarbini rahimahullah mengatakan bahwa Qailulah bisa dilakukan sebelum zawal (waktu dzuhur)

  •  Al-Munawi rahimahullah berkata bahwa Qailulah adalah tidur di pertengahan siang ketika zawal atau mendekati waktu zawal sebelum atau sesudahnya.

  •  Al Badri Al aini juga mengatakan bahwa Qailulah bermakna tidur di waktu dzuhur (pertengahan siang). Perintah Qailulah juga disampaikan dalam surat Ar-Ruum: 23 yang artinya:

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya.Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan” (Ar-Ruum :23)

Karena dianjurkan oleh Allah SWT dan Rasulnya, maka Qailulah pasti memiliki manfaat yang dahsyat bagi kehidupan kita, apa saja ya kira-kira?

  1. Meningkatkan daya ingat dengan tidur gelombang pendek yang biasa terjadi ketika tidur siang.

  2. Meningkatkan produktivitas dan konsentrasi otak.

  3.  Mengobati insomnia.

  4. Menurunkan stress karena berkurangnya hormone stress kortisol saat tidur siang.

  5. Mencegah dan engurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke.

Subhanallah! Begitu banyaknya manfaat dan anjuran untuk Qailulah. Yuk biasakan istirahat siang bila memang membutuhkan. Karena sebaik-baiknya bekerja dan beraktivitas adalah yang tidak membahayakan dan menyakiti tubuh kita sendiri. So, keep healthy and positive ya!
 

 

Berdo’alah kepada Allah dan kalian yakin akan dikabulkan. Ketahuilah!, sesungguhnya Allah tidak akan menerima satu do’a dari hati yang lalai lagi lengah.” (Hadist Sahih)