Masih mau Marah? ini Janji Allah untuk umat muslim yang mampu menjaga emosi dan amarahnya

Ditulis pada Kamis, 09 Maret 2017 | Kategori: Tahukah-Anda | Dilihat 1271 kali

Rasulullah SAW selalu mewanti-wanti umat muslim untuk selalu menjaga diri dari perilaku marah dan emosi yang berlebihan loh sobat. Karena selain menjaga amarah mampu mensucikan hati, ternyat ada beberapa hal ganjaran untuk umat muslim yang mampu menjaga emosi dan amarahnya. Apa saja?

1. Allah menjanjikan surge bagi para umatnya yang mampu menahan amarah. Hal ini sesuai dengan hadits nabi yang berbunyi, “Janganlah marah maka bagimu surga.” .
2. Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang berusaha menahan amarahnya, padahal dia mampu untuk meluapkannya, maka dia akan Allah panggil di hadapan seluruh makhluk pada hari kiamat sehingga Dia akan memberikan untuknya bidadari yang dia kehendaki.” (HR. Abu Daud, Tirmidzi). .
3. Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang menahan emosinya maka Allah akan tutupi aibnya. Dan barang siapa yang menahan marah, padahal jika dia mau dia mampu untuk meluapkannya, maka Allah akan penuhi hatinya dengan ridho-Nya pada hari kiamat.

Nah, lalu bagaimana untuk meredamnya? Ada beberapa cara untuk mengurangi amarah kita yang belum mampu kita kontrol, yaitu:

1. Perbanyak membaca ta’awudz
2. Perbanyak membaca istighfar
3. Segera mengambil air wudhu
4. Bergegaslah untuk mengambil Al Quran, lalu bacalah
5. Lebih baik diam
6. Merubah posisi diri kita menjadi lebih rendah, jika dalam keadaan berdiri maka duduklah. Jika belum juga mereda, maka ambilah posisi tidur.

Jadi masih mau marah? Semoga informasi ini bisa bermanfaat ya sobat. Yuk kendalikan diri kita!

 

Barang siapa yang menghendaki kehidupan dunia maka wajib baginya memiliki ilmu, dan barang siapa yang menghendaki kehidupan Akherat, maka wajib baginya memiliki ilmu, dan barang siapa menghendaki keduanya maka wajib baginya memiliki ilmu“. (HR. At-Tirmidzi)