bagaimana cara membedakan antara bacaan yang hampir sama atau biasa disebut mutasyabih?

Ditulis pada Rabu, 07 Juni 2017 | Kategori: Tahukah-Anda | Dilihat 549 kali

Cara terbaik untuk membedakan antara bacaan yang hampir sama atau biasa disebut mutasyabih 

pertama: membuka mushaf lalu  membandingkan antara kedua ayat tersebut dan cermatilah perbedaan antara keduanya, kemudian buatlah tanda yang bisa untuk membedakan antara keduanya, dan jangan sungkan untuk menuliskannya.

Cara kedua: menulis ayat al-Quran, kemudian membaca masing-masing ayar  al-Quran yang mirip tapi beda itu. tak perlu tegang. Semakin kita santai tapi serius, maka hafalan kita akan semakin kuat.
 

Ketiga: menghadapkan ayat-ayat al-Quran yang mirip tadi kepada seorang guru yang diakui hapalannya. Jika hal ini sulit, cukup merekamnya pada tape recorder,kemudian dengar ulang sambil melihat mushaf.
 

Keempat: jika menemukan ayat al-Quran yang mirip atau sama, baca ulang ayat yang sama itu meskipun bukan bagian dari target hapalan saat itu. misalnya Anda membaca jus 22. Di jus itu Anda menemukan ayat al-Quran mirip dengan yang ada di jus 18. Baca yang di jus 22 kemudian membaca juga yang dijus 18.
—-
Tak ada yang sulit selagi kita mempunyai keinginan kuat dan mau mencoba. Ayat al- Quran yang mirip memang memerlukan cara tersendiri untuk menghapalnya. Semoga tips di atas membantu Anda.
Yaa Allah..
Mudahkanlah bagi kami untuk menghafal kitab-Mu yang mulai ini,Berikanlah kekuatan pada hamba-Mu yang lemah ini untuk terus membaca Al quran baik siang maupun malam,
Tanamkanlah kecintaan terhadap Alquran melebihi cinta kami pada diri kami, dunia dan seisinya
Aamiin Yaa mujibassailin…

Oleh Cak Agoes di https://m.facebook.com/notes/pustaka-ilmu-tahfidzul-quran/-tips-jitu-menghafal-ayat-al-quran-yang-mirip/838976699454304/?refid=18

 

Rasulullah SAW bersabda :”Barang siapa yang berjalan dalam pencarian ilmu maka Allah SWT akan memudahkan jalannya ke surga”. (HR.Ahmad)