SOSIALISASI DAN EDUKASI ANTI BULLYING DENGAN G 31 O DI SD ISLAM AL AZHAR 31 YOGYAKARTA

Ditulis pada Selasa, 07 November 2017 | Kategori: Kegiatan-Yayasan | Dilihat 514 kali

SOSIALISASI DAN EDUKASI ANTI BULLYING DENGAN G 31 O

DI SD ISLAM AL AZHAR 31 YOGYAKARTA

Assalamu'alaikum.wrwb

     Fenomena bullying yang marak terjadi akhir-akhir ini menimbulkan keprihatinan yang mendalam bagi kita semua. Bullying tidak hanya merambah area domestik dalam keluarga, namun sudah meluas di masyarakat bahkan kalangan civitas akademika.

     Untuk menyikapi hal tersebut, pada hari Selasa, 31 Oktober 2017 SD Islam Al Azhar 31 Yogyakarta mengadakan acara G 31 O di Student Centre Al Azhar Yogyakarta.

     G 31 O merupakan akronim dari Gerakan 31 Oktober dengan tujuan sosialisasi dan edukasi anti bullying untuk mencapai zero bullying di kalangan murid-murid. Kegiatan ini terdiri dari penyampaian materi oleh guru Bimbingan Konseling, pembuatan poster oleh anak-anak, ikrar bersama anti bullying, dan ditutup dongeng oleh Kak Awe.

     Menurut Erni Setyani, S.Pd selaku koordinator G 31 O, dengan kegiatan ini murid-murid diharapkan memiliki pemahaman yang baik mengenai karakteristik dan jenis bullying sehingga mereka bisa membedakan antara bullying, konflik dan bercanda. Dengan demikian, murid-murid SD Islam Al Azhar 31 Yogyakarta akan memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi suatu kasus termasuk bullying atau tidak dan melaporkannya kepada guru atau orangtua.  

     Poster seperti ‘be a buddy not a bully, be a hero! report bullying, don’t bully, be a friend,  anda memasuki kawasan bebas bullying’ menjadi pengingat bahwa bullying tidak boleh merajalela di lingkungan sekolah.

     Semoga semangat G 30 O ini akan terus bergaung sehingga setiap anak dapat bersosialisasi dengan nyaman tanpa rasa takut serta berani berekspresi dan mengaktualisasikan diri di lingkungan manapun. 

Wassalamu'alaikum.wrwb.

Penulis : Norma Widayati, S.TP

              Waka Sarpras dan Humas SDIA 31 Yogyakarta

 

Berdo’alah kepada Allah dan kalian yakin akan dikabulkan. Ketahuilah!, sesungguhnya Allah tidak akan menerima satu do’a dari hati yang lalai lagi lengah.” (Hadist Sahih)