Murid SMP Islam Al Azhar 38 Wonosari Gelar Aksi merayakan HAN 2018

Ditulis pada Rabu, 01 Agustus 2018 | Kategori: Kegiatan-Sekolah | Dilihat 308 kali

Murid SMP Islam Al Azhar 38 Wonosari Gelar Aksi merayakan HAN 2018

Assalamu'alaikum.Wrwb.

   Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional yang terjadi pada tanggal 23 Juli 2018, murid-murid  SMP Islam Al Azhar 38 Wonosari menggelar aksi kampanye mengajak masyarakat untuk melindungi hak anak pada hari Minggu, 29 Juli 2018 di Lapangan Pemda Gunungkidul. Agenda ini diselenggarakan dari pukul 07.00 hingga pukul 09.00 saat Car Free Day (CFD).

   Kampanye bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menunaikan hak anak yang seringkali diabaikan. Bapak Amin Derahma, S. Pd. selaku koordinator dalam kegiatan ini mengatakan, “Seringkali kita sebagai orangtua lalai dalam menunaikan hak anak. Contohnya, anak kita mempunyai hak atas waktu dan kebersamaan dari orangtuanya, tetapi orangtua malah lebih memilih menghabiskan waktu dengan tenggelam bersama pekerjaannya, sehingga anak-anak menjadi kurang perhatian, lalu muncullah perilaku-perilaku tertentu yang dipandang kurang tepat, kemudian kita sebagai orangtua malah menyalahkan anak kembali”. Ia menambahkan bahwa masyarakat perlu untuk diajak kembali agar lebih memperhatikan hak anak-anaknya agar hal ini dapat diminimalisir karena anak tumbuh dan berkembang sesuai dengan perlakuan dari orangtuanya.

   Agenda diawali dengan pembukaan, lalu dilanjutkan dengan berbagai penampilan kreasi dari murid SMP Islam Al Azhar Wonosari. Beberapa murid menampilkan kebolehannya dalam menyanyikan lagu-lagu yang bertemakan” interaksi yang baik antara orangtua dan anak”, sedangkan beberapa murid yang lain menampilkan tari kreasi. Penampilan diakhiri dengan adanya orasi seruan dari 3 orang murid kelas VIII Al Faraby yang menyeru untuk lebih menyayangi anak, lebih perhatian terhadap anak, dan tidak melakukan kekerasan terhadap anak. SMP Islam Al Azhar 38 Wonosari sendiri memiliki banyak kegiatan pengembangan diri bagi murid-muridnya sehingga para murid memiliki kompetensi dalam berbagai bidang dan dapat menyelenggarakan aksi kampanye berupa tampilan semacam ini.  

   Selain menampilkan berbagai macam kreasi, murid-murid SMP Islam Al Azhar 38 Wonosari juga membagikan bunga dan mainan kepada para pengguna jalan serta pengunjung CFD. Bunga dan mainan yang dibagikan mengandung pesan-pesan persuasif yang mengajak untuk lebih menyayangi anak. Masyarakat menyambut aksi ini dengan antusias. Beberapa pengunjung yang diberi bunga dan mainan mengucapkan terimakasih, bahkan mengajak murid-murid SMP Islam Al Azhar 38 Wonosari untuk ber-selfie. Sejumlah murid juga membawa dan menunjukkan poster-poster yang berisi seruan perlindungan hak anak pada para pengunjung.

   Dari agenda kampanye ini, juga diharapkan murid-murid SMP Islam Al Azhar 38 Wonosari memiliki empati yang lebih terhadap lingkungan di sekitarnya, terutama pada anak-anak. Bapak Bowo Sidarto, M. Pd. selaku Kepala SMP Islam Al Azhar 38 Wonosari mangatakan bahwa kampanye yang dilaksanakan dari anak, untuk melindungi hak-hak anak, dan dilakukan oleh anak-anak  ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian murid-murid agar turut serta berperan dalam perkembangan anak-anak Indonesia menjadi anak yang GENIUS (Gesit, Empati, Berani, Unggul, dan Sehat) sesuai dengan tema Hari Anak Nasional 2018. Kegiatan ini juga menjadi salah satu pengejewantahan dari slogan “Cerdas Islami, Berbudaya, dan Berkarakter”, bahwa murid-murid SMP Islam Al Azhar 38 Wonosari adalah seorang cendekiawan muslim yang rajin beribadah dan peduli pada sesamanya. Kegiatan aksi bersama dalam merayakan HAN 2018 tersebut diakhiri dengan shalat dhuha bersama di Masjid Al Ikhlas dan makan pagi bersama bapak ibu guru di kompleks Alun-alun  Pemkab Kabupaten Gunungkidul.

Wassalamu'alaiku.Wrwb.

 

Rasullulah SAW bersabda : “ Jika manusia telah meninggal maka putuslah amalnya kecuali tiga macam : Sedekah jariyah(yang tahan lama), Ilmu yang bermanfaat, dan anak shaleh (anak baik) yang mendoakan kedua orang tuanya. (HR.Muslim)