Meriahnya Semarak Muharam SMP Islam Al Azhar 38 Wonosari

Ditulis pada Jumat, 12 Oktober 2018 | Kategori: Kegiatan-Sekolah | Dilihat 114 kali

Meriahnya Semarak Muharam

SMP Islam Al Azhar 38 Wonosari

Assalamu'alaikum.Wrwb.

   Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam (Muharram) 1440 Hijriah, SMP Islam Al-Azhar 38 Wonosari, melaksanakan beberapa lomba keagamaan sebagai agenda tahunan. Ini adalah tahun kedua SMP Islam Al-Azhar 38 Wonosari mengadakan event seperti ini.

   Sekitar lebih dari 100 peserta dari 35 Lembaga/Sekolah berbagai wilayah di Kabupaten Gunungkidul ikut serta dalam ajang perlombaan acara semarak muharam ini. Sekolah yang terdiri dari seluruh SD/MI di Wonosari ini, begitu antusias sekali mengikuti perlombaan ini. Perlombaan ini di gelar selama 1 hari pada hari Sabtu, 29 September 2018.

   Ketua Pelaksana dan juga koordinator kegiatan, Bayuaji Dwi Prasetyo mengatakan kegiatan ini sangat penting demi kemajuan dunia pendidikan dari segi iman dan taqwa. Perkembangan zaman yang begitu pesat membuat Ummat Islam harus benar-benar pandai dalam memilih dan memilah mana yang positif dan mana yang negatif agar tidak terjadi degradasi moral akhlak dan nilai-nilai Agama. Maka itulah diperlukan kegiatan-kegiatan positif untuk menyalurkan aspirasi-aspirasi, hoby, bakat, keilmuan dan lain sebagainya, agar Ummat mampu mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya dan terhindar degradasi moral, akhlak dan nilai-nilai Agama.

   Perlombaan dimulai dari pukul 08.30 pagi sampai dengan pukul 11.15 siang. Kemudian dilanjutkan dengan hiburan pentas seni yang di lakukan oleh murid-murid SMP Islam Al-Azhar 38 Wonosari. Kategori Lomba yang diselenggarakan panitia tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya, diantaranya adalah Lomba CCA, Dai Cilik, Kaligrafi, dan Adzan untuk tingkat SD/MI.

   Minat Sekolah cukup tinggi untuk mengikutsertakan anak didiknya dalam perlombaan ini. Semangat dan keceriaan para peserta lomba selalu mengiringi selama proses kegiatan berlangsung. Peserta mempertunjukan kemampuan terbaiknya di bidang keagamaan dalam 4 cabang perlombaan. Dalam perlombaan ini diambil 3 juara dalam setiap kategori perlombaan, dan pemenangnya adalah juara 1 CCA dari SD IT Tunas Mulia, juara 1 Adzan atas nama Adham Aziz Wibawa dari SD N Pakel 2 Rongkop, juara 1 Da’i cilik atas nama Roland Ady Wijaya dari SD N 3 Piyaman, juara 1 lomba mewarnai Kaligrafi atas nama Janny Reina Putri dari SD N 1 Ponjong. Kemudian untuk semua juara lomba setiap kategori mendapatkan piala, sertifikat, dan uang pembinaan. Setiap peserta lomba mendapatkan sertifikat dari panitia

   Hal yang menarik dari kegiatan perlombaan ini adalah semua peserta mempunyai rasa percaya diri yang tinggi dan mental yang berani untuk tampil. Memperlihatkan kreatifitas dan kemampuannya yang terbaik pada perlombaan ini, untuk dapat meraih menjadi sang juara. Menurut Kepala Sekolah SMP IA 38, kegiatan ini sekaligus sebagai media belajar anak-anak OSIS kami, dalam mendampingi kegiatan sebagai panitia dan menambah kepercayaan diri mereka. Semoga keceriaan dan semangat anak-anak di awal Tahun Baru Hijriyah membawa kebaikan bagi semuanya. Tutup Bowo Sidarto, M.Pd.

Wassalamu'alaikum.Wrwb.

 

"Barang siapa yang meringankan kesulitan seorang mukmin dari kesulitan dunia, maka Allah akan meringankan kesulitannya dari kesulitan di hari kiamat. Barang siapa yang memudahkan orang yang tertimpa kesulitan, maka Allah akan memudahkan kepadanya di dunia & akhirat. Barang siapa menutupi aib seorang muslim, maka Allah akan menutupi aibnya di dunia & akirat. Allah akan membantu hamba-Nya selagi hamba tersebut membantu saudaranya" {HR. Muslim}