Al Azhar Boarding School Menyikapi Tatanan Normal Baru



Al Azhar Yogyakarta Boarding School sebagai lembaga pendidikan berasrama terus berbenah dalam rangka persiapan kedatangan santri ke lingkungan boarding school. Masa pandemi Covid-19 tentunya menjadi perhatian khusus pihak pengelola.

Ust. Cecep Jaenuddin, M.Pd sebagai Manajer Pendidikan menjelaskan bahwasanya salah satu hal yang dipersiapkan adalah membentuk Satgas Pencegahan Covid-19. “Sebagai tindaklanjut atas Surat Edaran Kementrian Agama mengenai Panduan Proses Pembelajaran Bagi Pesantren dan Pendidikan Keagamaan, kami langsung membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, yang dalam hal ini dikepalai oleh Ust. H Fahmi Aufar, B.Ed., MA. Dan InsyaAllah, Satgas yang kami bentuk akan langsung bertugas menyiapkan segala hal yang dibutuhkan dan mendukung tidak pecegahan tersebut.”

Lebih lanjut, Ust Fahmi menyampaikan, “Sebagai langkah awal kami menyiapkan perlengkapan pendukung dan mengadakan edukasi kepada seluruh Assatidz (tim pengajar di asrama). Proses edukasi dilakukan dengan menggandeng pihak BPBD dan Dinkes Sleman, melalui kegiatan Sosialisasi dan Simulasi Pencegahan & Penanganan Covid-19.”

 Acara Sosialisasi dan Simulasi tersebut telah selesai dilaksanakan pada Sabtu, 27 Juni 2020 dengan mendatangkan Cahya Prihantama, S.KM., MPH dari tim Promkes Dinkes Sleman dan Haenry Dharma Widjaja,S.H., M.Pd., Kepala Bidang Pencegahan & Kesiapsiagaan BPBD Kab. Sleman.

Selesai memberikan materi pembekalan, kedua pembicara juga melakukan pengecekan kesiapan asrama. “Setelah kami tinjau dari mulai pintu gerbang, ruang lobi, lift, kamar asrama, tempat makan dan sarana ibadah, kesemuanya telah disiapkan demngan baik oleh pihaki pengelola. Artinya fasilitas yang disiapkan sudah memenuhi persyaratan”, demikian tegas Cahya Prihantama. Maka setelah agenda pembekalan ini, pihak Manajemen Al Azhar Yogyakarta Boarding school segera bersiap untuk menyambut kehadiran santri baru ke asrama. (*AT)