Dua Murid Smp Islam Al Azhar 26 Yogyakarta Raih Perak Di Ajang Bergengsi Tingkat Nasional Kopsi 2021



KoPSI atau Kompetisi Peneliti Siswa Indonesia merupakan kompetisi bergengsi tahunan yang digelar oleh Kemendikbudristek melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) dalam rangka menyiapkan talenta emas Indonesia di bidang Inovasi dan Riset sekaligus membangun karakter pelajar pancasila. KoPSI juga merupakan hasil pengembangan dari kegiatan OSN yang sudah digelar sejak 2009.

Pada Tahun ini 2021, terdapat 3 kategori bidang Ilmu yang dilombakan pada KoPSI 2021 yakni, (1) Ilmu Pengetahuan Sosial, Kemanusiaan dan Seni, (2) IImu Pengetahuan Alam dan Lingkungan, dan (3) IImu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa.

Alhamdulillah, Dua murid SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta dalam keikutsertaannya pada KoPSI 2021 ini membuahkan hasil yang luar biasa. Sejak lolosnya ke final di bulan oktober lalu, Muhammad Geovani Ridwan (Kelas 8 E) dan Muhammad Nabil Maulana (kelas 9F) melalui pengumuman dari Puspresnas akhirnya berhasil meraih medali Perak di kategori bidang Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan. Mereka membuat sebuah penelitian dengan judul “Modifikasi Kaolin Dengan Limbah Kertas Sebagai Absorben Timbal & Besi” didampingi oleh Susi Murwani, M.Pd selaku guru pembimbingnya.

Kompetisi diselenggarakan secara daring karena mengingat masih dalam suasana pandemi dan berupaya untuk memutus rantai penularan virus covid 19 yang mungkin masih terjadi di berbagai daerah di Indonesia, khususnya virus varian terbaru yakni Omicron. Seluruh peserta yang hadir secara daring juga tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat seperti memakai masker, cuci tangan dan menjaga jarak. (Dedi Priyatno – PLT Humas Al Azhar Yogyakarta)