FADHIL DAN ALYA JUARA 1 LKTI-N



Benar-benar luar biasa, meski situasi pandemi seperti ini, rupanya tidak menyurutkan semangat murid-murid Al Azhar Yogyakarta untuk terus menorehkan prestasinya. Seperti halnya Fadhil Yudha Fakhrudin (Fadhil) dan Rahma Alya Farhani (Alya) atau kontingen SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta (Tim) baru saja meraih juara 1 dalam lomba karya ilmiah remaja (KIR) Nasional atau Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTI-N) yang digelar oleh SMAIT Al Irsyad Purwokerto atau Airforce Fair 2021 sejak  1 Desember 2020 hingga 20 Februari 2021.

Tidak tanggung-tanggung, judul karya ilmiah yang diambil oleh Fadhil dan Alya yakni "Malioboro Covid-Free Tour Guide: Pengembangan Platform Berbasis Story Maps Sebagai Panduan Keamanan Berwisata Di Malioboro Pada Era New Normal Dilengkapi Dengan Pemantauan Kerumunan Berbasis Deep Learning Object Detection". Tujuannya adalah untuk menekan jumlah penderita covid-19 dari sektor pariwisata. Sehingga diharapkan sektor pariwisata bisa tetap berjalan dengan baik dan juga aman.

Berdasarkan wawancara bersama Fajar Arief Herjanto, M.Pd, selaku guru pembimbing dan juga wali kelas 7, menuturkan bahwa Fadhil dan Alya merupakan salah satu Tim KIR dari 98 peserta (Tim) yang dinyatakan lolos Abstrak pada 25 Januari 2021. Kemudian pada 8 Februari, Fadhil dan Alya lolos pada babak Grand Final yang diambil 6 Tim. Dari 6 Tim tersebut, diambil 3 juara. Melalui video presentasi yang dikirim dan tanya jawab yang dilakukan secara Virtual melalui Zoom, Fadhil dan Alya pada 20 Februari 2021 berhasil menjadi Juara 1. Juara 2 diraih oleh tim SMP dari Ponorogo dan Juara 3 dari tim MTs Kediri.

Capaian ini tentunya menambah deretan prestasi Nasional maupun Internasional Murid Al Azhar Yogyakarta di masa normal maupun pandemi. Artinya, pandemi tidak memberikan pengaruh yang besar terhadap murid-murid Al Azhar untuk tidak berprestasi. Semoga apa yang telah diraih oleh Fadhil dan Alya, dapat menjadi motivasi untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi lagi di masa yang akan datang (khususnya), dan umumnya bagi seluruh murid-murid Al Azhar Yogyakarta untuk terus semangat berprestasi. (Dedi Priyatno – Staf Arsip dan Humas Al Azhar Yogyakarta)