Kemah Bakti Pramuka SMA Islam Al Azhar 9 Yk



SMA Islam Al Azhar 9 Yogyakarta mengadakan Kemah Bakti Pramuka (program Intrakurikuler sekolah) pada 14-15 Juni 2021 di Asram Edupark/desa Al Basta. Salah satu program di dalamnya yaitu penanaman pohon buah langka di area Asram Edupark yang merupakan destinasi wisata edukasi berbasis alam yang terletak di dua desa, yaitu Sendangadi dan Tridadi, kecamatan mlati, Sleman, Yogyakarta.

Pohon buah langka tersebut diantaranya yaitu pohon buah rambutan, kepel, manggis, durian dan kelengkeng. Penanaman diawali oleh kepala sekolah SMA IA 9 Yogyakarta, yakni Drs. H. Bashori Muhammad, MM, dan diikuti oleh peserta kemah lainnya.

Tujuan dari penanaman phon buah langka tersebut yaitu dalam rangka mengajarkan para peserta kepramukaan untuk mencintai dan merawat lingkungan serta menjaga populasi tumbuhan atau pohon yang sudah mulai langka.

Selaku koordinator kegiatan, Moh Farihin juga mengatakan, selain program penanaman pohon buah langka, kegiatan kepramukaan SMA IA 9 YK ini juga meliputi program lainnya seperti kecakapan softskil, tali-temali, dan apel malam yang disertai dengan pembakaran api unggun.

Pada hari kedua, kegiatan kepramukaan dilanjutkan kembali pada pukul 04.00 yakni sholat subuh berjamaah dan dilanjutkan dengan kegiatan bersih bersinar dan diakhiri dengan upacara penutupan, ujarnya. (Dedi Priyatno, A.Md – Staf Arsip dan Plt Humas Al Azhar Yogyakarta)