Pelaksanaan Qurban 1442 H / 2021 M Sekolah Islam Al Azhar Yogyakarta



Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar wa liilahil hamd. Ibadah kurban merupakan salah satu ibadah penting dalam ajaran Islam. Ibadah ini memiliki fondasi kuat dan memiliki akar sejarah panjang dalam tradisi rasul-rasul terdahulu. Ajaran kurban dan prakteknya telah ditunjukkan secara sinergik oleh para nabi dan rasul hingga Nabi Muhammad SAW. Nabi Ibrahim AS. dikenal sebagai peletak batu pertama ibadah ini. Peristiwa penyembelihan yang dilakukan Nabi Ibrahim AS. terhadap anaknya, Nabi Isma'il AS merupakan dasar bagi adanya ibadah kurban. Nabi Ibrahim AS dengan penuh iman dan keikhlasan bersedia untuk menyembelih anak kesayangannya, Ismail hanya semata-mata untuk memenuhi perintah Allah SWT. Peristiwa yang mengharukan ini, dilukiskan dengan indah oleh Allah SWT dalam Al-Qur'an surah as-Shaffat ayat 102:"Tatkala anak itu sampai umurnya dan sanggup berusaha bersamasama Ibrahim. Ibrahim berkata ; Wahai anakku, sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah apa pendapatmu. la menjawab, wahai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan oleh Allah kepadamu, insyaallah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar".

Ini adalah ujian ketaatan Nabi Ibrahim kepada Allah. Di kemudian hari, pengorbanan ini menjadi anjuran bagi umat Islam untuk menyembelih hewan kurban, setiap tanggal 10 Dzulhijah dan pada hari tasyrik, yaitu  11, 12, dan 13 Dzulhijjah. 

Alhamdulillah, dalam kesempatan ini, Rabu 21 Juli 2021 Sekolah Islam Al Azhar Yogyakarta, yang berada di Jl. Padjajaran, Sinduadi, Mlati, Sleman mengadakan acara penyembelihan hewan qurban dengan rincian sapi sebanyak 6 ekor (2 diantaranya disembelih di Al Azhar Bantul dan Al Azhar Wonosari) dan kambing sebanyak 40 Ekor.

Penyembelihan hewan qurban dilaksanakan di kampus utama Sekolah Islam Al Azhar Yogyakarta, bertempat di sebelah selatan gedung poliklinik Al Azhar Yogyakarta dan diawali dengan penyerahan secara simbolis oleh sohibul qurban kepada wakil ketua bidang kesekretariatan dan keagamaan BPPH Al Azhar Yogyakarta, H. Zulfi Fuad Tamyiz, SE.

Prosesi Penyembelihan dilakukan oleh H. Munawir, S.Pd.I yang juga sebagai guru agama di SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta dibantu oleh tukang kelet dari luar. Setelah hewan qurban dikuliti, bagian daging yang sudah dipotong kemudian diangkut ke bagian pencacahan oleh panitia. Adapun panitia qurban dibatasi berdasarkan peraturan PPKM yang berlaku dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Daging qurban yang sudah ditimbang dan dibungkus, didistribusikan kepada seluruh guru karyawan dan juga masyarakat sekitar lingkungan Sekolah Islam Al Azhar Yogyakarta. Hingga acara selesai, Alhamdulillah berjalan dengan baik dan lancar tanpa kendala apapun.

Adapun untuk Dokumentasi kegiatan ini dapat dilihat di link drive berikut ( https://bit.ly/dokumentasiqurban )  

(Dedi Priyatno, A.Md – Staf Arsip dan Plt Humas Al Azhar Yogyakarta)