PEMILOS ONLINE 2021 - TEMA: PILIHAN BOLEH BERBEDA, TETAPI TUJUAN TETAP SAMA



Salah satu mekanisme untuk melakukan pergantian pemimpin  yakni pemilihan umum (pemilu). Dengan adanya pemilu, diharapkan dapat menyerap aspirasi seluruh masyarakat secara demokrasi.  Demokrasi menurut Wikipedia bahasa Indonesia merupakan bentuk atau mekanisme system pemerintahan suatu negara sebagai upaya mewujudkan kedaulatan rakyat atas negara untuk dijalankan oleh pemerintah negara tersebut. Kegiatan demokrasi tidak hanya dilakukan dalam pemilihan kepala pemerintah, demokrasi juga bisa dilakukan di dunia pendidikan, misalnya dalam pemilihan ketua kelas, ketua OSIS, dan ketua organisasi lain.

Atas latar belakang di atas maka SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta  melakukan kegiatan pemilu yang dikenal denan nama PEMILIHAN OSIS biasa disingkat PEMILOS periode 2021-2022. Tujuan dari PEMILOS adalah untuk memili pemimpin OSIS masa bakti 2021-2022 secara demokratis yang melibatkan seluruh civitas akademika SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta. Sekaligus mengenalkan kepada civitas akademika terhadap budaya politik dalam pembentukan pengurus OSIS.

PEMILIHAN OSIS pada tahun ini agak berbeda dari biasanya dikarenakan sedang adanya pandemi virus Covid 19 yang berdampak pada kegiatan sekolah secaraa keseluruhan yakni pembelajaran dilaksanakan dengan sistem daring/online. Regulasi kepemimpinan dalam organisasi OSIS merupakan suatu keharusan maka diselenggarakanlah kegiatan PEMILOS ONLINE.

Rangkaian kegiatan PEMILOS ONLINE membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 bulan. Waktu 0,5 bulan untuk persiapan rapat koordinasi antara Majelis Pendamping OSIS (MPO) dengan pengurus OSIS MPK 2021 yang menjadi panitia PEMIRA kemudian waktu 1 bulan untuk melaksanakan rangkaian kegiatan PEMILOS ONLINE. Kegiatan PEMILOS ONLINE diawali dengan kegiatan pendaftaran calon Ketua OSIS (KETOS) / Wakil Ketua OSIS (WAKETOS) tanggal 1-8 Agustus 2021. Tercatat ada 8 pasangan calon (paslon) yang mendaftarkan diri. Setelah melaui tahap ujian wawancara dari tanggal 9-12 Agustus 2021 terpilihlah 4 paslon yang lolos yang layak untuk dipilih warga SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta. Paslon nomor urut 1 yaitu atas nama Razindra Shawira Pranata dan Chelsea Zora Azzhara, paslon nomor urut 2 atas nama M.Yusuf Achtar Satriawan dan Maitsa Nasywa Habibah, paslon nomor urut 3 atas nama Filda Nuha Filyar Afkor dan Aulia Nur Himawati Gunawan, serta paslon nomor urut 4 atas nama  Aisha Kumala Syifa dan Seikha Marwa Noverina.

Terhitung mulai tanggal 13-28 Agustus 2021 para paslon melakukan kegiatan kampanye dan mencari pendukung atau timses sebanyak-banyaknya. Di masa pandemi para paslon sangat kreatif untuk menarik masa yaitu selain memasang Flyer di media sosial, mereka juga membuat video durasi pendek dan meminta para timses dan bekerja sama dengan para guru karyawan SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta untuk memasang sebagai status di media sosial masing-masing.

Selain kegiatan kampanye, ada kegiatan puncak kampanye yaitu kegiatan debat publik. Kegiatan debat publik diselenggarakan pada hari Kamis, 26 Agustus 2021. Kegiatan yang dipandu langsung oleh moderator Ibu Siti Fatonah, S.Pd melaui aplikasi zoom pelaksanaan dari pukul 08.00 sampai 10.30 WIB berjalan lancar, seru, dan juga mendidik tentang nilai-nilai demokrasi. Peserta debat Publik dari awal sampai selesai berjumlah 450 partisipan. Dengan jumlah stabil tersebut membuktikan bahwa antusias warga SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta cukup tinggi. Hal menarik lain dari kegiatan debat publik adalah motivasi dari kepala SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta yaitu bapak Agung Widiyantoro,M.Pd saat memberikan sambutan. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa para paslon memang layak untuk dipilih bukan hanya karena visi misi dan program yang dimiliki para paslon, tetapi juga karena semangat juang para paslon yang tinggi. Beliau juga menambahkan bahwa keberanian dari para paslon dalam mencalonkan diri sebagai ketua dan wakil ketua OSIS patut diacungi jempol karena selain mampu melewati beberapa tahap ujian wawancara dan berjuang pada proses kampanye, para paslon juga mampu memberikan argumen dan pernyataan-pernyataan yang bagus saat proses debat.

Proses puncak dari PEMILOS ONLINE adalah saat diselenggrakannya PEMILU OSIS pada hari Senin, 30 Agustus 2021. Proses pemilihan dilakukan dengan menggunakan aplikasi google form. Untuk tetap menjaga agar surat suara dapat dipergunakan hanya untuk warga SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta maka setiap pemilih wajib menggunakan akun belajar.id. Untuk total jumlah surat suara yang masuk sebanyak 420 suara dengan 6 suara gugur. Untuk paslon yang memiliki suara terbanyak adalah paslon dengan nomor urut 1 atas nama Razindra Shawira Pranata dan Chelsea Zora Azzhara.

Dengan terpilihnya ketua dan wakil ketua OSIS periode 2021-2022, maka proses selanjutnya adalah pemilihan pengurus OSIS MPK periode 2021-2022 dengan proses ujian wawancara pada tanggal 7 sampai 11 Sepetember 2021. Semoga terpilih kepengurusan OSIS MPK yang solid seperti kepengurusan OSIS MPK periode sebelumnya dan dapat dilantik pada pertengahan bulan Oktober 2021.

(Humas SMP Al Azhar 26 Yogyakarta)