Peringati Hari Sumpah Pemuda, SD Islam Al Azhar 59 Wonosari adakan Parade Busana adat Nusantara di Bulan Bahasa



Dalam momen Sumpah Pemuda, para pemuda dari seluruh suku dan ras di Indonesia telah bersepakat bahwa bahasa resmi yang digunakan masyarakat adalah Bahasa Indonesia.

Seperti yang tertulis dalam salah satu isi Sumpah Pemuda:

"Kami Poetra dan Poetri Indonesia Mendjoendjoeng Bahasa Persatoean, Bahasa Indonesia"

Karena itulah, peringatan Sumpah Pemuda identik dengan bulan Bahasa yang diperingati di Bulan Oktober.

SD Islam Al Azhar 59 Wonosari memperingati hari sumpah pemuda dengan cara menggelar kegiatan Bulan Bahasa, Jumat, (28/10/2022). Pada kegiatan bulan bahasa tersebut, menariknya ada Parade Busana bertemakan Cerita Rakyat.

Kegiatan ini diselenggarakan di ruang kelas milik SMP Islam Al Azhar 38 Wonosari dan diikuti oleh seluruh murid dari kelas 1 hingga kelas 6 SD Islam Al Azhar 59 Wonosari sejumlah lebih dari 100 murid.

Unik dan beragam busana yang dikenakan oleh murid-murid mulai dari busana tokoh wayang seperti Gatot kaca, Anoman, dan juga busana tokoh lainnya seperti Roro Jonggrang, Cut Nyak Dien, busana adat Jawa, busana adat daerah Sumatra, dan lain sebagainya.

Nantinya, setiap murid harus bercerita tentang kisah sesuai dengan busana yang dikenakannya di hadapan guru dan teman-temannya di setiap kelompoknya.

Seluruh murid yang mengikuti kegiatan tersebut sempat diarak berkeliling kampus Al Azhar Wonosari, sebelum masuk ke ruang kelas milik SMP Islam Al Azhar 38 Wonosari.

Iring-iringan murid berbusana ragam cerita rakyat itu pun ditonton oleh seluruh warga kampus Al Azhar Wonosari.

Tidak mau kalah dengan murid, guru dan karyawan pun turut memakai busana bertemakan cerita Rakyat. Ada yang berbusana santri, kebaya, lurik, hingga busana Wiro Sableng.

Edi Komara selaku kepala sekolah dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan Bulan Bahasa ini merupakan pembelajaran bagi murid-murid SD Islam Al Azhar 59 Wonosari tentang sejarah Sumpah Pemuda yang menyatukan bangsa melalui bahasa Indonesia.

Hadir dalam acara tersebut yakni Wakil Ketua Bidang Akademik yakni Suhartini, M.Pd, Kepala sekolah KB-TK Islam Al Azhar 55 dan SMP Islam Al Azhar 38 Wonosari, serta ketua Forum Jam'iyyah kampus Wonosari.

Acara menjadi semakin meriah ketika panitia membacakan pengumuman Hadiah yang sudah dinanti-nanti. Ada 3 kategori yang diberikan dan yang terbaik sesuai kategorinya akan mendapatkan hadiah menarik dari panitia.

Selain parade busana yang beragam dan unik, dalam acara ini juga terdapat pemberian hadiah oleh panitia pada murid dalam kategori pembaca terbaik, busana terbaik, dan yel-yel terbaik.

Di sela-sela waktu, beberapa murid juga menyumbangkan lagu dengan berbagai berbahasa seperti bahasa Jawa, Indonesia dan Inggris. Bahkan ada juga murid yang tampil menyampaikan puisi berbahasa Jawa atau geguritan yang penuh makna.

Hingga acara berakhir, Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar dan aman. Acara ditutup dengan foto bersama murid-murid dan guru di atas panggung. (Dedi Priyatno - Humas Al Azhar Yogyakarta)