Selenggarakan Salam, Sma Islam Al Azhar 9 Yogyakarta Ajak Murid Berwakaf & Bakti Sosial Serta Belajar Merawat Jenazah



Sebagai suatu instansi pendidikan yang berbasis Islam, SMA Islam 9 Yogyakarta memiliki tujuan menjadikan anak didik unggul dalam ilmu pengetahuan, teknologi serta berkepribadian akhakul karimah. Karena itulah, SMA Islam Al Azhar 9 Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan SALAM pada waktu itu tanggal 23 – 25 Maret 2021.

SALAM merupakan singkatan dari Pesantren Alam (Program Kurikulum YPI Al Azhar). Dikarenakan dalam suasana pandemi, SMA Islam Alazhar 9 Yogyakarta melakukan kegiatan tersebut dengan peserta terbatas dan juga virtual untuk murid kelas X dan XI (Pesantren Live Stream dan Motivasi Murid). Tujuannya yakni memberikan pengetahuan keislaman, membentuk karakter pemuda Islam, dan memberikan pemahaman mengenai kedermawanan memalui wakaf dan baksos. Diharapkan kegitanan ini mampu membentuk karakter dalam jiwa murid agar memiliki karakter qurani dan berprestasi secara akademik bagi murid SMA Islam Al-Azhar 9 Yogyakarta.

Kegiatan SALAM SMA Islam Al Azhar 9 Yogyakarta meliputi kegiatan pembukaan dan penyampaian Wakaf serta Baksos di dusun Banaran 7 dan 8 kecamatan playen, gunungkidul pada hari pertama. Pada hari ke-2, kegiatan pelatihan pengurusan/perawatan jenazah oleh Ust. Ransi Al Indragiri di Asram Edupark yang berada di Dusun Jomblang Kelurahan Sendangadi Kecamatan Mlati Sleman. Kemudian hari ke-3/terakhir, kegiatan Tabligh Akbar SALAM yang diselenggarakan di Student Center Kampus Utama Al Azhar Yogyakarta yang diisi oleh Ust. Zaky A. Rivai.

Selaku koordinator kegiatan ini, Muhammad Yasin, M.Pd yang juga selaku guru Agama di SMA Islam AL Azhar 9 Yogyakarta ketika ditemui menyampaikan, Alhamdulillah hingga kegiatan berakhir, semua berjalan dengan baik dan lancar tanpa kendala suatu apapun. Semoga dengan kegiatan ini murid mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan mampu mengembangkan serta menumbuhkan karakter islami dalam pribadi murid. (Dedi Priyatno, A.Md – Staf Arsip dan Plt Humas Al Azhar Yogyakarta)