SMPIA 26 Datangkan Dosen Teknik Elektronika dalam Pembinaan KIR



Pembinaan adalah sesuatu kewajiban guna mempersiapkan murid-murid menghadapi ajang kompetisi bergengsi tahunan yang diselenggarakan Dinas Pendidikan. Seperti halnya di SMP Islam Al Azhar 26 ini, terdapat beberapa jenis PAB (Pembinaan Anak Berbakat) salah satunya KIR. Sekolah berharap para murid bisa berkreasi secara maksimal, terarah, dan kekinian melalui pembinaan ini. Oleh karena itu,  SMP Islam Al Azhar 26 Yk melibatkan salah satu dosen Teknik dari UNY untuk membina salah satu PAB unggulan yaitu KIR (Karya Ilmiah Remaja) agar mencapai hasil yang maksimal. PAB KIR yang telah meraih banyak kejuaraan dalam berbagai ajang kompetisi baik Nasional maupun Internasional telah memiliki murid binaan yang cukup banyak

 Pembekalan materi ini dilakukan guna menghadapi OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia) yang   saat ini berganti nama menjadi KPSI (Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia) yang rencananya akan   diseleksi oleh DIKPORA DIY mulai bulan Juli 2020. Pada pembekalan KIR KPSI ini pihak SMP IA 26 Yk   bekerjasama dengan salah seorang Dosen UNY, beliau adalah Dr. phil. Mashoedah, M.T, salah seorang   Dosen sekaligus Kaprodi Pendidikan Teknik Elektonika UNY.  Kegiatan ini melibatkan murid kelas 7 dan 8   yang tergabung dalam PAB KIR baik di bidang Sains maupun Elektronika.

Berikut adalah judul-judul penelitian KPSI 2020 yang akan dilaksanakan oleh murid KIR Sains dan elektronika SMP IA 26 Yk:

Di Bidang Elektronika dengan kategori teknologi terdapat dua judul dan dua team yaitu:

Kotak Penyimpanan Dokumen Berharga Anti Bencana Berbasis IoT (Internet of Thing)

Anggota: 1. Akhtar Nizam Rozano (Team Leader)

                2. Naia Raissa Azzahra

                3. Rahma Alya Farhani

Generator Listrik Free Energy Dengan Magnet Neodymium

Anggota: 1. Wira Ahmad Fadillaufa (Team Leader)

                2. Haqqi Athaya Hernandar

                3. Mikail Al Kahar

Di bidang sains pun terdapat dua team dan dua judul, yaitu:

Bunga Telang Sebagai Salep Jerawat

Anggota: 1. Al Ghifari Dzaky Widiatmoko (Team Leader)

                2. Qod Uzlifa Urban

                3. Fathia Safariatul Ilmi

Filter Udara Menggunakan Air

Anggota: 1. Muhammad Adib Ramadhani (Team Leader)

                2. Fadhil Yudha Fakhrudin

                3. Nadhif Bakri Bajarot

Tentunya sebagai murid dengan predikat Z-Generation yang identik dengan era digital sehingga pembekalan KIR KPSI kali ini mencoba untuk menggali judul dan materi yang kekinian dan out of the box, sehingga bisa memberikan warna baru dalam dunia penelitian bagi murid khususnya dan pendidikan pada umumnya. Pelatihan KIR KPSI ini dilaksanakan setiap hari Sabtu, mulai pukul 08.00 s/d 11.00. Harapannya dengan pembinaan KIR dari kalangan Profesional Akademisi dan dilaksanakan dalam rentang waktu yang jauh dari pelaksanaan lomba akan memberikan hasil yang optimal dan sesuai dengan target yang diharapkan.