Tarhib Ramadhan SD Islam Al Azhar 31 Yogyakarta Hadirkan Ust. Dr. H. Muhammad Nur, M.Ag



Rabu, 30 Maret 2022, SD Islam Al Azhar 31 Yogyakarta menggelar Tarhib Ramadhan 1443 H dengan menghadirkan Penceramah sekaligus dosen dan Qori Internasional Ust. Dr. Ust. H. Muhammad Nur, M.Ag di Gedung Student Center Kampus Al Azhar Yogyakarta dengan tema “Mewujudkan Keluarga Qur’ani di Bulan Ramadhan. Dihadiri oleh seluruh guru-karyawan dan ratusan murid serta orangtua murid secara ofline maupun online (virtual zoom dan live Youtuve). Hadir juga secara ofline jajaran pengurus yayasan, wakabid keagamaan dan kesekretariatan, H. Zulfi Fuad Tamyiz, SE., Wakabid Akademik Suhartini, M.Pd., serta Ketua Jam’iyyah SD Islam Al Azhar 31 Yogyakarta.

Danar Kusuma, kepala sekolah SD Islam Al Azhar 31 Yogyakarta dalam sambutannya menyampaikan “tahun ini Direktorat YPI Al Azhar meminta keada kami berupa laporan kegiatan Amaliah Ramadhan secara ketat berupa Tadarus, Hafalan Al-Qur’an, Sholat Dhuha, Tarawih, Sholat Lima Waktu dan I’tikaf. InsyaAllah akan diberikan pada senin tanggal 4 dan akan dilaporkan secara rutin ke direktorat. Sehingga kami mohon bantuan kepada oraangtua, untuk memantau kegiatan anak-anak yang tidak bisa kami pantau di sekolah.”

“pada hari ini kita melaksanakan Tarhib Ramadhan, yang artinya Tarhib berasal dari kata rohaba yang artinya menyambut, namun tidak hanya sekedar menyambut, tetapi menyambut dengan gembira. Karenanya mari kita sambut ramadhan ini dengan gembira.” Imbuhnya

Dalam sambutan yang kedua, Suhartini juga menambahkan “menyambut datangnya bulan suci Ramadhan tidak hanya sekedar simbol menyambut, tetapi harus kita sambut dengan hati yang gembira, jangan sampai menyambut datangnya bulan suci ramadhan dengan merasa terbebani karena harus berpuasa, dan harus bangun sebelum subuh untuk sahur serta mengisi kegiatan dengan ibadah-ibadah yang dianjurkan. Jadi kita harus menyambut Ramadhan dengan mengisi kegiatan ibadah seperti tadarus, tarawih, bersedekah dan sebagainya. Tentunya dilakukan dengan hati yang gembira, ikhlas karena Allah SWT.

Sebelum penceramah menyampaikan nasihat-nasihatnya, kegiatan diisi dengan hiburan berupa dongeng yang disampaikan oleh Pak Jouhari atau akrab disapa kak jo, pendongeng sekaligus guru SD Islam Al Azhar 31 Yogyakarta. Kak Jo membawakan dongeng dan bercerita bersama seekor monyet (boneka) miliknya bernama pinki di depan ratusan murid melalui virtual. Cerita yang disampaikan merupakan kisah motivasi di bulan Ramadhan. Dengan hiburan tersebut, selain anak-akan terhibur, pesan yang disampaikannya juga tersampaikan.

Ust. Dr. H. Muhammad Nur, M.Ag dalam ceramahnya menyampaikan bahwa ada 7 langkah dalam rangka mengqur’ani Keluarga. “Yang pertama Membaca dan menghafalnya, kedua memahami arti dan maknanya, ketiga mengajarkan dengan cara yang baik, ke empat mengamalkannya, yang kelima memuliakan Al-Qur’an, keenam memperjuangkannya, dan yang terakhir ketujuh yaitu membela Al-Qur’an.” Alhamdulillah, acara berjalan dengan baik dan lancar hingga acara berakhir. Acara ditutup dengan do’a yang juga disampaikan oleh narasumber Ust. Dr. H. Muhammad Nur, M.Ag. (Dedi Priyatno – PLT Humas Al Azhar Yogyakarta)